cover
Contact Name
Refni Wahyuni
Contact Email
refniabid@gmail.com
Phone
+6281365563364
Journal Mail Official
anita@htp.ac.id
Editorial Address
Jalan Mustafa Sari No 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer
ISSN : 2302710X     EISSN : 25793918     DOI : https://doi.org/10.33060/JIK
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan april dan bulan oktober. Focus and Scope Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer" : 18 Documents clear
Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Android (Studi Kasus: SD Anugrah Plus Pekanbaru) Yulisman Yulisman; Hendry Fonda; Andriana Kiki Yolanda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.163

Abstract

Abstract The application of information and communication technology in education is very helpful in teaching and learning activities, one of which is the use of smartphone technology as a learning medium in education, namely the learning system in subjects. Almost all subjects can take advantage of smartphone technology as a learning medium, especially mathematics, and especially for discussion of 3-dimensional building blocks. The purpose of building this system is to assist teachers in explaining the form of 3dimensional shapes to students so that students are interested in learning to build spaces using smartphone technology. The research method uses the Waterfall model system development model. The system is built by implementing Augmented reality using Google SketchUp as 3D modeling, Vuforia and Unity as a platform for the development and creation of 3dimensional images and space-building marker images used for making Augmented reality implementation applications, and the programming language is Java with JDK and SDK. The result is that the system has been successfully built and has been running well and can be used according to the needs of users (teachers and students) and the conclusion is that the Augmented reality system makes it easy for teachers to explain real spaces to students and attracts students' interest in learning shapes. geometry. Rating from users of the system as a whole was 86.6% (very good). Keywords: Augmented reality, android, build space 3D, smartphone. Abstrak Penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pendidikan sangat membantu dalam kegiatan belajar dan mengajar, salah satunya pemanfaatan teknologi smartphone sebagai media pembelajaran dalam bidang pendidikan yaitu dengan sistem pembelajaran pada mata pelajaran. Hampir semua mata pelajaran bisa memanfaatkan teknologi smartphone sebagai media pembelajaran terutama mata pelajaran matematika, dan khususnya untuk pembahasan pelajaran bangun ruang 3dimensi. Tujuan dibangunnya sistem ini adalah untuk membantu guru dalam menjelaskan bentuk bangun ruang secara 3dimensi kepada siswa agar siswa tertarik untuk belajar bangun ruang dengan menggunakan teknologi smartphone. Metode penelitian dengan menggunakan model pengembangan sistem model Waterfall. Sistem dibangun dengan menerapkan Augmented reality menggunakan Google SketchUp sebagai pemodelan 3D, vuforia dan Unity sebagai flatform untuk pengembangan dan pembuatan gambar 3dimensi dan gambar marker bangun ruang yang digunakan untuk pembuatan aplikasi implementasi Augmented reality, serta bahasa pemrograman adalah Java dengan JDK dan SDK. Hasilnya sistem sukses dibangun dan telah berjalan dengan baik dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan user (guru dan siswa) dan diperoleh kesimpulan bahwa sistem Augmented reality bangun ruang ini memberikan kemudahan bagi guru dalam menjelaskan bangun ruang secara real kepada siswa dan menarik minat siswa dalam mempelajari bentuk bangun ruang. Penilaian dari pengguna sistem secara keseluruhan 86,6% (sangat baik). Kata Kunci : Augmented reality, android, bangun ruang 3D, smartphone.
SISTEM INFORMASI ALUMNI SMP N 1 DAYUN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DI KAB. SIAK Anita Febriani; Wahyu Linda Wati; Hendry Fonda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.165

Abstract

Alumni data is one example of an information system designed to be able to help the work of an agency or company both in processing data to provide complete data through the availability of information services. Similarly, SMP N 1 Dayun which has approximately 5800 alumni and forms a large family bond of alumni which has a vision of realizing the extended family ties of SMP N 1 Dayun as an alumni institution that can accommodate the aspirations of its members and can contribute to the development of the quality of education as school partners. But the alumni data management system that still uses printed documents, resulted in data management that cannot be done effectively and efficiently, and writing errors often occur, it is difficult to find alumni data that has been damaged, and the data is difficult to update because information about alumni can only be accessed through grupchat on social media, whatsapp. With this problem the researcher raised the title of the thesis that is Alumni Information System of SMP N 1 Dayun Using Laravel Framework in Kab. Siak The design of this information system uses usecase diagrams, activity diagrams, class diagrams. Application of the waterfall method as a system development process. Using the programming language Framework Laravel, PHP and MySQL as a database. This information system is expected to help the school and alumni of SMP N 1 Dayun in managing data and as a bridge of hospitality.
SISTEM INFORMASI TRACER STUDY BERBASIS WEB PADA PROGRAM PASCASARJANA FISIP UNIVERSITAS RIAU Abdi Muhaimin Abdi Muhaimin; Yuda Irawan; Bakhrizal; Yesica Devis
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.167

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang berkembang saat ini, memiliki peranan yang sangat besar dalam menunjang semua kegiatan terutama dalam hal pemanfaatan data dan informasi yang mencangkup berbagai bidang seperti dalam dunia pendidikan. Pada Pascasarjana Universitas Riau yang terbagi empat Program studi yaitu Magister Ilmu Administrasi, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Sosiologi dan Magister Ilmu politik, data lulusan dari tahun 1996 sampai tahun 2020 kurang lebih 2253 alumni dengan rata-rata 90 lulusan pertahunnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah permodelan waterfall. Dengan banyaknya lulusan dari FISIP Universitas Riau dan belum optimalnya pengumpulan data alumni. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa adanya sistem informasi tracer study ini dapat menyajikan informasi alumni Pascasarjana FISIP Universitas Riau yang meliputi penyajian data alumni, grafik alumni. Dari uraian permasalahan diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini dapat mempermudah pengurus tracer study dalam penelusuran alumni, pihak kampus dan alumni.
MANAJEMEN ABSENSI DI PEMERINTAH KOTA PEKANBARU BERBASIS MVC DAN LARAVEL Muhardi Muhardi; Dedy Yasriady; Hendry Fonda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.169

Abstract

Menegakkan disiplin pegawai adalah hal yang mendasar dalam suatu instansi guna meningkatkan produktifitas sumber daya manusianya. Hal ini dapat dimulai dengan menegakkan disiplin kehadiran pegawai, dengan pengontrolan yang tepat, akurat dan cepat. Salah satunya yang dikembangkan disini adalah aplikasi manajemen absensi dalam bentuk web berbasis MVC menggunakan framework Laravel. Pemograman dengan menggunakan metode Model View Controller (MVC. Manajemen absensi ini merupakan aplikasi yang mengolah data log yang dihasilkan oleh perangkat absensi kartu smartcard. Smartcard ini diterbitkan oleh PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) bekerja sama dengan Pemko Pekanbaru yang dikenal sebagai kartu SmartMadani. Perangkat absensi dilengkapi dengan kamera untuk mengambil foto saat pegawai mengisi kehadiran. Data kehadiran tersebut kemudian diolah untuk dijadikan sebagai laporan kehadiran bulanan. Aplikasi ini membuat rekapitulasi kehadiran pegawai bulanan, terlambat, jumlah cuti serta melakukan penghitungan persentase Tunjangan Kinerja (Tukin) sesuai dengan Peraturan Walikota yang berlaku..
SISTEM E-KARYAWAN SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) HANG TUAH PEKANBARU BERBASIS WEB Zupri Henra Hartomi
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.170

Abstract

Sistem E-karyawan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Hang Tuah Pekanbaru, telah terkomputerisasi dan terhubung dengan jaringan internet atau Web, namun masih terbatas pada pengelolaan data master karyawan dan data master user, dengan demikian sulit untuk bagian kepegawaian melakukan pengelolaan data pegawai karena belum lengkapnya modul layanan yang terdapat pada sistem E-karyawan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Hang Tuah Pekanbaru tersebut. Selain itu masih adanya cara pendokumentasian data pegawai secara konvensional yang menyulitkan petugas kepegawaian dalam mendapatkan informasi pegawai. Maka dari itu peneliti mencoba mengembangkan sistem E-karyawan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Hang Tuah Pekanbaru dengan cara penambahan beberapa modul layanan agar informasi yang dihasilkan lebih bersifat informatif seperti penambahan modul-modul master, modul-modul manajemen pegawai dan modul-modul laporan pegawai. Pengembangan sistem E-karyawan ini menggunakan metode Model Waterfall, digambarkan pada bahasa pemodelan UML (Unified Modelling Language), dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) dan database server menggunakan MySQL (My Structured Query Language). Dengan adanya pengembangan sistem E-karyawan ini maka akan membantu bagian kepegawaian dalam mengelola kegiatan administrasi kepegawaian seperti pengolahan data pegawai, riwayat jabatan, riwayat pendidikan, riwayat kepanitiaan, riwayat penugasan, riwayat pelatihan, riwayat sosialisasi, riwayat kunjungan kerja, mencetak Surat Perintah Tugas (SPT), mencetak Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dan mencetak surat biaya perjalanan dinas pegawai sehingga bagian kepegawaian dapat memeperoleh data pegawai dengan cepat dan akurat serta mempermudah dalam pembuatan laporan kepegawaian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Hang Tuah Pekanbaru.
APLIKASI PEMILIHAN DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR MAHASISWA BERDASARKAN KATEGORI PILIHAN DAN KEAHLIAN DOSEN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER Herianto Herianto; Uci Rahmalisa
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.171

Abstract

Dalam tugas akhir mahasiswa dosen pembimbing mempunyai peranan penting bagi penentuan keberhasilan dan kelulusan mahasiswa. Mahasiswa memerlukan dosen pembimbing tugas akhir yang dapat menjadi sarana konsultasi dalam proses pengerjaan tugas akhir mahasiswa. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat mengerjakan tugas akhir dengan baik, lancar dan selesai tepat waktu. Untuk itu diperlukan dosen pembimbing yang ideal bagi mahasiswa . Seperti halnya di STMIK Hang Tuah Pekanbaru dalam proses pengajuan judul tugas akhir tersebut,terdapat beberapa masalah yang muncul, yakni adanya kemungkinan kesalahan penentuan pembimbing karena proses penentuannya masih menggunakan cara konvensional yaitu berdasarkan pengetahuan pribadi dari Ketua Prodi, kesulitan memantau perkembangan proses pengajuan judul tugas akhir mahasiswa dan kesulitan untuk melakukan pemerataan pembimbing tugas akhir. Aplikasi pemilihan dosen pembimbing tugas akhir pada mahasiswa adalah solusi dari permasalahan. Sistem rekomendasi dosen pembimbing yang di bangun memanfaatkan algoritma naïve bayes classifier sebagai penentu hasil probabilitas dosen yang dapat dipilih mahasiswa. Naive Bayes merupakan teknik prediksi berbasis probabilistic sederhana yang berdasar pada penerapan teorema bayes (aturan bayes) dengan asumsi independensi (ketidak tergantungan) yang kuat. Pemilihan didasarkan pada kriteria kategori tugas akhir mahasiswa dan keahlian dosen. Dari aplikasi rekomendasi ini didapatkan rekomendasi dosen pembimbing yang sesuai dengan konsep tugas akhir mahasiswa. Dengan acuan data training dan aturan bayes didapat hasil yang cukup memberikan kepuasan bagi mahasiswa dalam mendapatkan dosen pembimbing yang sesuai dengan topik permasalahan tugas akhir mahasiswa.
RANCANG BANGUN APLIKASI PARIWISATA BENGKALIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING Uci Rahmalisa; Yulanda Yulanda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.172

Abstract

Pariwisata merupakan aspek yang berharga bagi suatu daerah, dengan adanya pariwisata makan daerah tersebut dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut dan dapat memajukan perekonomian masyarakat sekitar, Bengkalis memiliki sejumlah objek wisata yang menarik utnuk dikunjungi, namun karena kurang nya informasi dan letak geografis yang sulit dijangkau menjadi kendala bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Dengan adanya aplikasi pariwisata Bengkalis menggunakan aplikasi android yang mudah dan dapat dibawa kemanapun dapat membantu wisatawan dalam mencari destinasi wisata Khususnya di Kabupaten Bengkalis. Hasil pengujian yang dilakukan pada sistem operasi Android P, tombol dan fungsi yang ada didalam aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai fungsionalitasnya masing-masing, hanya saja kendala yang dihadapi yaitu pada API dari Google Maps yang digunakan API Tahun 2017, dimana pada API tersebut letak objek wisata yang kondisi geografi nya sulit tidak presisi dengan yang terdapat di Maps pada aplikasi ini.
APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN TUBUH MANUSIA DENGAN MENERAPKAN AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci) Yuda Irawan
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.173

Abstract

Organ tubuh manusia merupakan pembelajaran awal dari siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 5, sistem pembelajaran organ tubuh manusia di SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci pada prakteknya masih menggunakan media buku saja yang dirasa kurang menarik minat siswa. Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, memunculkan suatu ide atau gagasan dari penulis dengan tujuan mengimplementasikan salah satu program aplikasi Augmented Reality. Dimana teknologi AR memberikan banyak manfaat yang dapat memberikan tampilan objek tiga dimensi (3D) berbentuk organ tubuh manusia pada smartphone android. Penulis merancang dan membangun aplikasi augmented reality dengan metode waterfall (metode air terjun). Aplikasi yang dibangun dengan menggunakan Unity 3D, Blender sebagai modelling, Vuforia untuk membuat marker, dan C# sebagai bahasa pemrogramannya. Hasil penelitian diuji coba ke smartphone android wali kelas 5 SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci, dengan cara mendemokan secara langsung. Berdasarkan data dari kuisoner, aplikasi yang dibuat memberikan banyak manfaat yang dapat menarik minat siswa dan memudahkan guru dalam menjelaskan bentuk organ manusia secara real, karena berbasis android yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.
RANCANG BANGUN KRAN WUDHU OTOMATIS DAN PENGISIAN TANK AIR OTOMATIS PADA STMIK HANG TUAH PEKANBARU BERBASIS ARDUINO UNO Refni Wahyuni; Ismail Wiyono; Hendry Fonda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.174

Abstract

Penghematan sumber daya alam merupakan suatu yang sangat diperlukan saat ini, baik di lingkungan rumah tangga maupun di lingkungan yang lebih luas. Penggunaan tangki air yang digunakan untuk menampung air dapat mengurangi penggunaan energi listrik dan menyediakan pasokan air secara berkelanjutan. Penggunaan kran otomatis juga punya andil yang cukup besar dalam penghematan air ketika tingkat kepedulian seseorang kurang baik. Pada penggunaan kran wudhu konvensional ini pengguna tidak bisa mengontrol penggunaan air sehingga banyak permasalahan yang terjadi seperti pemborosan air jika penggunanya lalai dalam menutup kran, yang berakibat air akan keluar secara terus menerus. Selain itu pengisian tangki air juga menjadi faktor penting dalam penghematan air, cadangan air pada tangki harus terkontrol dengan baik agar tetap terjaga ketersediaanya. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibuatlah sebuah alat kran wudhu otomatis dan pengisian tank air otomatis berbasis Mikrokontroler arduino uno dengan dukungan metode prototype yang bisa membantu efisiensi dalam pembuatan karena peneliti mendengarkan langsung kebutuhan dari pengguna. Selanjutnya mikrokontroler dibantu beberapa sensor, dimana setiap sensor memiliki tugas yang berbeda.pada pengisian tank air otomatis, Sensor Ping berfungsi sebagai pengukur jarak antara posisi air dengan sensor dimana ketika kapasitas air sedikit maka mesin pompa air akan menyala dan apabila kapasitas air sudah penuh maka mesin pompa air akan mati. Pada kran air otomatis, sensor infrared berfungsi sebagai pendeteksi objek tangan atau kaki manusia, apabila ada terdeteksi maka air akan keluar melalui keran air dan apabila tidak ada terdeteksi lagi maka keran otomatis tertutup. Dalam penelitian ini diteliti bagaimana efektifitas sensor infrared dalam mendeteksi keberadaan objek dan sensor ping dalam mendeteksi kapasitas air dalam tank. Semoga dengan adanya alat ini pengguna yang akan melakukan wudhu menjadi lebih mudah dan ketersediaan air selalu terjaga.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DIWILAYAH KOTA PEKANBARU MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER Yulanda Yulanda; Mardeni Mardeni
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.175

Abstract

Sistem Informasi Geografis Pemetaan UKM diwilayah Kota Pekanbaru menggunakan framework codeigniter yang dijelaskan pada skripsi ini menjabarkan proses pengembangan yang dibuat berdasarkan permasalahan yang terjadi didalam proses mengolah data UKM untuk pemetaan UKM tersebut, Kesulitan dalam mengolah data Kecamatan, Kelurahan, dan mengolah data Kategori. Untuk mengatasi permasalahan yang ada penulis melakukan beberapa tahapan seperti, studi pustaka, observasi dan wawancara dan menerapkan metode waterfall dalam proses pengembangan sistemnya. Dalam tahapan desain, beberapa diagram, seperti use case diagram, class diagram dan sequence diagram dibuat sebagai acuan dalam pengembangan sistem. Use Case diagram memiliki beberapa proses mengolah data Kategori, mengolah data Kecamatan, digitasi wilayah, mengolah data Kelurahan, mengolah data UKM dan proses menampilkan peta. Class diagram menerapkan konsep MVC kedalam sistem. Sequence Diagram memiliki beberapa fungsi atau dapat mengolah data kategori , kecamatan, kelurahan dan Data UKM. Dengan adanya rancangan yang detail maka Sistem Informasi Geografis Pemetaan UKM bisa dikembangkan dan diharapkan sistem ini bisa diimplementasikan sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

Page 1 of 2 | Total Record : 18